Efektivitas Fungsi Badan Pengawas Pemilihan Umum Yogyakarta Dalam Kampanye Pemilihan Umum Legislatif di Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2014

Dewono, Ananto (2016) Efektivitas Fungsi Badan Pengawas Pemilihan Umum Yogyakarta Dalam Kampanye Pemilihan Umum Legislatif di Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2014. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 09417141021.swf - Published Version

Download (707kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya pelanggaran kampanye Pemilihan Umum Legislatif di Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2014. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas fungsi Badan Pengawas Pemilihan Umum Yogyakarta dalam Kampanye Pemilihan Umum Legislatif di Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2014. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Bawaslu Yogyakarta dan KPU Yogyakarta.Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara,observasi dan dokumentasi.Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas fungsi Bawaslu Yogyakarta dalam Kampanye Pemilu Legislatif tahun 2014 di Daerah Istimewa Yogyakarta belum cukup efektif. Hal ini dikarenakan dalam menjalankan tugas dan wewenang untuk mengawasi pelaksanaan kampanye, Bawaslu Yogyakarta masih kekurangan personil sehingga pengawasan dalam kampanye belum terawasi dengan merata yang menyebabkan muncul pelanggaran. Menurut KPU Yogyakarta dalam menyampaikan rekomendasi pelanggaran Bawaslu Yogyakarta sudah sesuai dengan tugas dan wewenang. Namun Bawaslu Yogyakarta saat mengkaji pelanggaran terbatas oleh waktu yang menyebabkan kasus belum tertangani secara baik. Agar kampanye Pemilu Legislatif dapat terawasi secara efektif sebaiknya Bawaslu Yogyakarta meningkatkan kerjasama relawan/ aktivis Pemilihan Umum guna membantu pelaksaan pengawasan Pemilihan Umum agar terawasi secara merata termasuk pengawasan saat kampanye Legislatif sehingga dapat mencegah terjadinya pelanggaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 10 May 2016 00:46
Last Modified: 30 Jan 2019 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32475

Actions (login required)

View Item View Item