IMPLEMENTASI PROGRAM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PANDAN ARANG KABUPATEN BOYOLALI

Prasetyo, Yudi (2016) IMPLEMENTASI PROGRAM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PANDAN ARANG KABUPATEN BOYOLALI. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 10401241025.swf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan di RSUD Pandan Arang Kabupaten Boyolali dan hambatannya. Disamping itu, juga untukmengetahui upaya BPJS Kesehatan Boyolali dan RSUD Pandan Arang Boyolali dalam mengatasihambatan yang muncul dalam pelaksanaan program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di RSUD Pandan Arang Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitiandeskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan secara purposivedengan pertimbangan kriteria orang-orang yang memiliki pengetahuan, pengalaman, pemahaman, dan mempunyai keterlibatan langsung dengan permasalahan yang diteliti. Didapatkan subyek penelitian yakni Kepala Humas RSUD Pandan Arang, Kepala Cabang Kantor BPJS Kesehatan Boyolali dan 5 pasien pemegang kartu BPJS Kesehatan. Teknik pengumpulan data menggunakanteknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan secara induktif meliputireduksi data, unitisasi dan kategorisasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan program BPJS Kesehatan di RSUD Pandan Arang telah dilaksanakan dengan cukup baik, meskipun dalam tahap awal pelaksanaan program yang relatif baru ini terlihat warga masyarakat merasa bingung. Hambatan yang dialami Kantor BPJS Kesehatan dalam menjalankan program BPJS Kesehatan yaitu kurangnya kesadaran warga dalam aktifasi mendaftar program BPJS Kesehatan serta kurangnya kesadaran warga dalam membayar iuran premi tepat waktu. Hambatan yang dialami RSUD Pandan Arang diantaranya keterlambatan dalam menangani pasien, jumlah SDM tenaga pegawai administrasi yang kurang menyebabkan pelayanan administrasi pasien BPJS Kesehatan menjadi terhambat.Upaya dari RSUD Pandan Arang dalam mengatasihambatan yaitu meningkatkan pelayanan dan fasilitas kepada pasien, melakukan perekrutan pegawai untuk menambah SDM yang kurang agar pelayanan program BPJS Kesehatan berjalan lancar. Upaya dari Kantor BPJS Kesehatan Boyolali dalam mengatasihambatan yaitu dengan meningkatkan pelayanan, sosialisasi program BPJS Kesehatan secara lebih aktif. Kata kunci: implementasi, kebijakan, BPJS Kesehatan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 10 May 2016 00:35
Last Modified: 30 Jan 2019 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32473

Actions (login required)

View Item View Item