PERSEPSI METAFORIS GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SMA NEGERI DI KABUPATEN KULON PROGO TENTANG KURIKULUM 2013

Fibriawan, Rio (2016) PERSEPSI METAFORIS GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SMA NEGERI DI KABUPATEN KULON PROGO TENTANG KURIKULUM 2013. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi DIgital)
Skripsi Full 10401241028.swf - Published Version

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan persepsi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan tentang kurikulum di Kabupaten Kulon Progo. 2) bagaimana persepsi metaforis guru Pendidikan Kewarganegaraan di Kabupaten Kulon Progo tentang Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan sampel penelitian pada penelitian ini menggunakan teknik purposive. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkn, subjek penelitian ini berjumlah dua belas orang guru PKn. Data penelitian ini diperoleh melalui angket. Model analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis induktif, yakni, pengambilan kesimpulan dari fakta atau peristiwa khusus menjadi kesimpulan umum dengan cara menganalisis dan menyajikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) terdapat perbedaan persepsi guru tentang kurikulum 2013 secara metaforis. 2) Kurikulum 2013 dipersepsikan sebagai a) menyerupai buah yang belum masak (41,67%), b) menyerupai kereta tua yang berjalan diatas rel (25%), c) menyerupai sebuah drama (16,67%), serta d) menyerupai kendaraan baru (16,67%). Kata kunci: Persepsi metaforis, Kurikulum

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 10 May 2016 00:33
Last Modified: 30 Jan 2019 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32472

Actions (login required)

View Item View Item