Keefektifan Penggunaan Media Video dan Gambar Seri dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa SMAN Kelas X di Kabupaten Hulu Sungai Utara

Shalehah, Mar'atus (2012) Keefektifan Penggunaan Media Video dan Gambar Seri dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa SMAN Kelas X di Kabupaten Hulu Sungai Utara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maratus-shalehah-10706259022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar membaca pemahaman dengan penggunaan media video, gambar seri dan media lain; (2) perbedaan keefektifan antara penggunaan media video, gambar seri dan media lain dalam pembelajaran membaca pemahaman. Penelitian ini adalah penelitian quasi-experiment dengan non-equivalent control-group design. Populasi penelitian ini adalah siswa SMAN kelas X di Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan. Sampel penelitian diambil secara random melalui tiga langkah: (1) memilih dua sekolah dari empat sekolah yang ada di Kabuapten Hulu Sungai Utara, (2) memilih tiga kelas dari enam kelas yang ada, (3) memilih kelompok yang menggunakan media video, media gambar seri dan media lain. Pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk soal pilihan ganda. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar membaca sebelum dan sesudah menggunakan media video, media gambar seri dan media lain, data dianalisis dengan menggunakan Anacova. Untuk mengetahui perbedaan keefektifan antara penggunaan media video, media gambar seri dan media media lain dalam pembelajaran membaca pemahaman dilakukan uji lanjut yaitu dengan menggunakan uji Scheffe. Pengujian dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS 16.0 for windows pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan hasil belajar membaca dengan menggunakan media video, gambar seri, dan media lain dengan Fhitung = 31,218 > Ftabel = 3,06 pada nilai signifikansi = 0,00 < 0,05; (2) terdapat perbedaan keefektifan antara penggunaan media video, gambar seri dan media lain terhadap hasil belajar keterampilan membaca pemahaman. Media video adalah media yang paling efektif dibandingkan dengan media gambar seri (sig = 0,024 < 0,05) dan media lain (sig = 0,00 < 0,05), media gambar seri lebih efektif dibandingkan dengan media lain (sig = 0,00 < 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media video, media gambar seri, membaca pemahaman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 09 May 2016 08:00
Last Modified: 01 Dec 2022 06:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32470

Actions (login required)

View Item View Item