PENGEMBANGAN HANDOUT IPA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI “KALOR DAN PERPINDAHNNYA” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII

Hastogiri, Santika Octavian (2016) PENGEMBANGAN HANDOUT IPA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI “KALOR DAN PERPINDAHNNYA” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
BAG Awal.pdf

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan handout IPA dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan motivasi belajar dan melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VII. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) kelayakan handout, 2) respon peserta didik terhadap handout 3) peningkatan motivasi belajar peserta didik, 4) keterampilan berpikir kritis peserta didik. Pengembangan handout dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tahap define merupakan tahap awal untuk menetapkan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran di sekolah. Tahap design menghasilkan produk awal. Tahap develop dilakukan penilaian oleh ahli (expert appraisal) dan uji coba (developmental testing). Penilaian dilakukan oleh dosen ahli media, dosen ahli materi dan guru IPA yang hasilnya digunakan sebagai perbaikan produk akhir. Tahap disseminatehanya dilakukan pada sekolah yang menjadi objek penelitian. Hasil penelitian ini adalah: 1) Handout IPA yang dikembangkan layak diujicobakan, dengan rata-rata penialaian handout yang dikembangkan memperoleh nilai A dengan kategori baik, 2) Hasil respon peserta didik terhadap handout dari aspek materi dan media diperoleh nilai A dengan kategori sangat baik, 3) Handout yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan selisih persentase motivasi awal dan akhir sebesar 16,57%, 4) Hasil Observasi dari enam aspek keterampilan berpikir kritis peserta didik diperoleh persentase dari rendah ke tinggi yaitu, menghubungkan, mengelompokkan, menganalisis, membandingkan, membuat kesimpulan dan merangkai. Rata-rata persentase dari enam aspek tersebut bahwa handout dapat melatih ketempilan berpikir kritis peserta didik dengan kategori kuat Kata Kunci: Handout, motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 10 May 2016 03:30
Last Modified: 30 Jan 2019 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32461

Actions (login required)

View Item View Item