FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI MENGGUNAKAN JASA PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015

Yitro Ragil Wibowo (2015) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI MENGGUNAKAN JASA PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Yitro Ragil Wibowo.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penggunaan jasa layanan perpustakaan tidak akan lepas dengan adanya faktor minat mahasiswa dan kualitas pelayanan perpustakaan. Pengunjung perpustakaan FIK UNY berdasarkan data buku pengunjung tidak lebih dari 10 orang setiap harinya. Mahasiswa PJKR FIK UNY lebih senang menggunakan internet dalam mengerjakan tugas dan sangat mudah dalam mengakses informasi-informasi yang dibutuhkan. Pelayanan petugas perpustakaan FIK UNY masih kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat mahasiswa terhadap penggunaan jasa perpustakaan pada mahasiswa PJKR FIK UNY. (2) pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap penggunaan jasa perpustakaan pada mahasiswa PJKR FIK UNY. (3) faktor yang paling dominan memberikan pengaruh terhadap penggunaan jasa perpustakaan pada mahasiswa PJKR FIK UNY. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi PJKR FIK UNY. Penentuan sampel dalam penelitian ini termasuk dalam nonprobality sampling yakni sampling incidental. Sampel dalam penelitian adalah orang atau konsumen yang kebetulan datang dan menggunakan jasa perpustakaan FIK UNY di waktu peneliti sedang melaksanakan penelitian. Waktu yang digunakan dalam penelitian ini dibatasi selama 2 minggu yakni pada tanggal 2-16 Oktober 2015, peneliti memperoleh sampel penelitian sebanyak 170 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil peneltian dapat diketahui bahwa: (1) Minat mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaaan jasa perpustakaan Fakultas Ilmu Keolahragaan, hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (5,590>0,674) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). (2) Kualitas pelayanan perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaaan jasa perpustakaan Fakultas Ilmu Keolahragaan. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,969. >0,674) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). (3) Minat minat mahasiswa lebih dominan dalam mempengaruhi penggunaan jasa perpustakaan pada mahasiswa PJKR FIK UNY dibandingkan kualitas pelayanan perpustakaan. Variabel minat mahasiswa mempunyai sumbangan efektif sebesar 20,5% sedangkan variabel kualitas pelayanan perpustakaan mempunyai sumbangan efektif sebesar 17,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: minat mahasiswa, kualitas pelayanan, jasa perpustakaan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 May 2016 03:30
Last Modified: 30 Jan 2019 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32442

Actions (login required)

View Item View Item