TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA PADA SISWA PESERTA ESKTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN

Andri Oktavianus (2016) TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA PADA SISWA PESERTA ESKTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ANDRI OKTAVIANUS_09601244217.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Belum diketahuinya tingkat keterampilan bermain sepakbola siswa peserta ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Jogonalan Kab. Klaten mempengaruhi skill dan cara bermain anak didik (siswa), sehingga perlu adanya peningkatan dalam hal keterampilan bermain sepakbola yang di dalamnya terdapat beberapa komponen teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan bermain sepakbola pada siswa peserta ekstrkurikuler di SMP Negeri 1 Jogonalan Klaten, selain itu juga dapat dijadikan sebagai cara untuk mengevaluasi siswa tentang pemahaman dalam menguasai teknik dasar dalam bermain sepakbola yang telah diajarkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan pengukuran. Subjek penelitian adalah siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 1 Jogonalan sebanyak 25 anak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pengembangan tes kecakapan David Lee dari Subagyo Irianto (2010). Analisis data yang digunakan untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan bermain sepakbola adalah dengan menggunakan deskriptif persentase dengan pengkategorian yang dibagi menjadi 5 kategori (sangat baik, baik, cukup, kurang, kurang sekali). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 1 Jogonalan memiliki keterampilan dengan kategori sangat baik sebanyak 3 siswa (12 %), kategori baik sebanyak 5 siswa (20%), kategori cukup sebanyak 10 siswa (40%), kategori kurang sebanyak 5 siswa (20%), dan kategori kurang sekali sebanyak 2 siswa (8%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Sepakbola, Siswa Peserta Ekstrakurikuler
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 May 2016 03:30
Last Modified: 30 Jan 2019 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32441

Actions (login required)

View Item View Item