UPAYA MENINGKATKAN MINAT DALAM PEMBELAJARAN PASING BAWAH BOLA VOLI MENGGUNAKAN BOLA PLASTIK SPON TERHADAP SISWA KELAS V SDN SINDUADI I MLATI SLEMAN

Triyana (2015) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DALAM PEMBELAJARAN PASING BAWAH BOLA VOLI MENGGUNAKAN BOLA PLASTIK SPON TERHADAP SISWA KELAS V SDN SINDUADI I MLATI SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TRIYANA_13604227047.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah masih ada siswa kelas V SD Negeri Sinduadi 1 Mlati yang terlihat kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran Penjasorkes materi passing bawah permainan bola voli. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian untuk meningkatkan minat siswa dalam melakukan pasing bawah dalam permainan bola voli kelas V di SD Negeri Sinduadi 1 Mlati Kabupaten Sleman melalui bola voli plastik spon. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode penelitian menggunakan survei. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Sinduadi 1 Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman sejumlah 28 siswa. Instrumen penelitian, yaitu: lembar pengamatan partisipasi siswa dan lembar penilaian unjuk kerja sikap siswa. Data kuantitatif diperoleh dari penilaian keaktifan dan sikap siswa dalam pembelajaran kemampuan passing bawah dengan pendekatan modifikasi permainan bola voli plastik spon. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Data kualitatif diperoleh dari hasil refleksi antara peneliti dan kolaborator. Data kuantitatif diperoleh dari penilaian kolaborator terhadap partisipasi siswa dan sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peningkatan partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran kemampuan passing bawah dalam permainan bola voli plastik spon adanya peningkatan perlakuan dalam kegiatan proses pembelajaran di dua siklus. Peningkatan partisipasi siswa sebesar 84,12 % telah sesuai indikator keberhasilan, yaitu minimal sebanyak 75% dari total siswa dalam satu kelas berkategori “Tuntas”, dengan asumsi siswa memperoleh NA (Nilai Akhir) > 75. (2) Sikap/ respon siswa yang meningkat dalam tindakan di dua siklus. Peningkatan sikap siswa dengan nilai sebesar 90 telah sesuai indikator keberhasilan, yaitu penilaian sikap keseluruhan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran adalah memperoleh NA (Nilai Akhir) > 75.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat, Passing Bawah, Bola Voli Plastik Spon.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 May 2016 03:30
Last Modified: 30 Jan 2019 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32438

Actions (login required)

View Item View Item