PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM BEROLAHRAGA DI SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Deni Purwani (2016) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM BEROLAHRAGA DI SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
FIX JILID.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam berolahraga di sarana dan prasarana olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Partisipasi masyarakat ditinjau dari variabel terdiri dari kebutuhan, manfaat dan sikap. Variabel kebutuhan terdiri dari indikator kesehatan, rekreasi dan prestasi. Variabel manfaat terdiri dari indikator kekuasaan, persahabatan dan kepuasan sedangkan variabel sikap terdiri dari indikator keterlibatan dalam klub olahraga, keterlibatan pertandingan olahraga dan kebiasaan berpartisipasi. Penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif dengan metode survei atau observasi. Uji coba penelitian dilakukan di lapangan tennis indoor FIK UNY dengan sampel sebanyak 20 orang. Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Uji validasi menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment untuk uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan nilai 0,934. Teknik pengambilan sampel dengan cara accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 orang di semua unit yang menyediakan sarana olahraga di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian menjelaskan bahwa partisipasi masyarakat dalam berolahraga di sarana dan prasarana olahraga FIK UNY memiliki kategori tinggi sebanyak 52 atau sebesar 57,8%. Ditinjau dari variabel kebutuhan berada pada kategori rendah sebanyak 45 atau sebesar 50%. Ditinjau dari variabel kebutuhan untuk indikator kesehatan berkategori tinggi sebanyak 54 atau sebesar 60%, indikator rekreasi berkategori tinggi sebanyak 48 atau sebesar 53,3%, indikator prestasi berkategori rendah sebanyak 60 atau sebesar 66,7%. Ditinjau dari variabel manfaat berada pada kategori tinggi sebanyak 39 atau sebesar 43,3%. Ditinjau dari variabel manfaat untuk indikator kekuasaan berkategori rendah sebanyak 50 atau sebesar 55,6%, indikator persahabatan berkategori tinggi sebanyak 47 atau sebesar 52,2%, indikator kepuasan berkategori tinggi sebanyak 51 atau sebesar 56,7%. Ditinjau dari variabel sikap berada pada kategori tinggi sebanyak 48 atau sebesar 53,3%. Ditinjau dari variabel sikap untuk indikator keterlibatan dalam klub olahraga berkategori tinggi sebanyak 47 atau sebesar 52,2%, indikator keterlibatan pertandingan olahraga berkategori tinggi sebanyak 58 atau sebesar 64,4%, pada indikator kebiasaan berpartisipasi berkategori rendah sebanyak 55 atau sebesar 61,1%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sarana olahraga, partisipasi masyarakat, olahraga
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 May 2016 03:27
Last Modified: 30 Jan 2019 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32431

Actions (login required)

View Item View Item