PERSEPSI SISWA SMAN 1 PARIGI PANGANDARAN TERHADAP PEMBELAJARAN RENANG

Ruspiandi, Yudi (2016) PERSEPSI SISWA SMAN 1 PARIGI PANGANDARAN TERHADAP PEMBELAJARAN RENANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
YudiRuspiandi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan belum diketahuinya persepsi siswa SMA N 1 Parigi Pangandaran terhadap pembelajaran renang. Ditambah dengan letak SMA N 1 Parigi Pangandaran berada pada daerah yang cukup dekat dengan pantai, maka pentingnya mengetahui manfaat pembelajaran renang bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa SMA N 1 Parigi Pangandaran terhadap pembelajaran renang pada tahun 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA N 1 Parigi Pangandaran tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 920 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling. Sampel berjumlah 108 siswa, yaitu dengan mengambil 4 siswa secara acak dari masingmasing kelas dari 27 kelas yang ada. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berjumlah 22 soal yang disusun berdasarkan skala likert. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dalam bentuk deskriptif dan distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi siswa SMA N 1 Parigi Pangandaran terhadap pembelajaran renang secara rinci dalam kategori 72,22% sangat positif, 25,00% positif, 2,78% kurang positif, 0,0% negatif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pembelajaran renang.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 May 2016 03:27
Last Modified: 30 Jan 2019 07:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32429

Actions (login required)

View Item View Item