Nugroho, Ariyawan Agung (2016) Pengembangan Website Interaktif Sebagai Wahana Computer-Mediated Communication untuk Pembelajaran Jaringan Komputer. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-ariyawan-agung-nugroho-09707251032.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan sebuah sistem computer-mediated communication (CMC) yang layak digunakan dan dapat membantu proses pembelajaran jaringan komputer, dan 2) mengetahui kelayakan website interaktif yang telah dihasilkan dari aspek pembelajaran, aspek isi/materi, aspek tampilan dan aspek pemrograman. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development), yang melalui beberapa tahap, yaitu planning, design, development dan implementation. Dalam tahap planning, analisi kebutuhan dan karakter mahasiswa dilakukan untuk menentukan arah pengembangan website. Pada tahapan design, konten website dibuat dan perencanaan website disusun menjadi flowchart dan prototipe website. Produk awal dihasilkan didalam tahap produksi, yang kemudian dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Setelah melalui validasi ahli, selanjutnya produk diujicoba kepada mahasiswa melalui tiga tahap, yaitu uji perorangan, uji coba kelompok kecil, dan ujicoba lapangan. Subjek ujicoba produk untuk setiap tahapan adalah mahasiswa semester V Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta. Subjek ujicoba pada penelitian ini terdiri dari 3 mahasiswa untuk ujicoba perorangan, 5 orang untuk ujicoba kelompok kecil, dan 16 orang untuk uji coba lapangan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data dan masukan yang diperoleh melalui pengisian angket dan masukan dari ahli materi, ahli media, dan mahasiswa. Instrumen pengumpulan data berupa instrumen yang telah di validasi oleh 3 orang validator, yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan mahasiswa sebagai subjek uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Analisis yang digunakan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: 1) pengembangan website interaktif sebagai wahana computer-mediated communication, melalui tahap planning, yang diawali dengan analisis kebutuhan, dilanjutkan dengan design, development dan implementation. Dalam tahapan tersebut, produk dikembangkan juga melalui tahapan evaluasi formatif yang terdiri dari validasi oleh ahli materi, ahli media dilanjutkan dengan uji coba produk, dan revisi; 2) kelayakan aspek pembelajaran produk website interaktif ini ini termasuk dalam kategori baik berdasarkan skor dari ahli materi satu yaitu 4,16 dan termasuk dalam kategori sangat baik berdasarkan skor dari ahli materi dua sejumlah 4,33; 3) kelayakan aspek isi/materi produk website interaktif ini termasuk dalam kategori sangat baik berdasarkan kedua skor ahli materi, dengan masing-masing ahli memberikan skor nilai 4,72 dan 4,45; 4) kelayakan aspek media produk website interaktif termasuk dalam kategori sangat baik berdasarkan nilai skor yang diberikan oleh para ahli, yaitu 4,55 dari ahli media satu, dan 4,6 dari ahli media dua
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Website, Interaktif, Computer-Mediated Communication, CMC |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Komputer Teknik & Teknologi > Komputer > Jaringan Komputer |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 04 May 2016 09:17 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32419 |
Actions (login required)
View Item |