LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN 2015 BALAI PEMUDA DAN OLAHRAGA DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA nDalem Ngadiwinatan Suryoputran KT II/ 23 Alun-alun Kidul Kraton Yogyakarta

Suwartini, Suwartini (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN 2015 BALAI PEMUDA DAN OLAHRAGA DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA nDalem Ngadiwinatan Suryoputran KT II/ 23 Alun-alun Kidul Kraton Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER-LEMBAR PENGESAHAN-ABSTRAK.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PPL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pengalaman belajar yang berhubungan dengan masyarakat khususunya dunia pendidikan sehingga dapat mengidentifikasi permasalahan dan mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Adapun tujuan PPL ini adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi kependidikan. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan di dalam lembaga lembaga pendidikan. Serta meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam lembaga pendidikan.Sebelum di jalankannya program terlebih dahulu melakukan observasi guna meninjau dan mengamati kegiatan yang dilakukan di Balai pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan dilaksanakan mulai 10 Agustus 2015 sampai dengan tanggal 12 September 2015. Kegiatan selama PPL adalah mengikuti dan menyesuaikan dengan kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan setiap tahunnya (Program Tahunan) di Balai pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta. Di Balai pemuda dan Olahraga terdiri dari tiga seksi, yakni: seksi Tata Usaha, Seksi Pemuda dan Seksi Olahraga. Kemudian kegiatan selama PPL dilakukan secara rolling. Kegiatan selama PPL antara lain membantu surat menyurat serta mengelola surat masuk dan keluar di seksi Tata Usaha. Di Seksi Pemuda yakni: Program Sarjana Pemuda Penggerak Pembangunan di Pedesaan (PSP-3), Pendidikan dan Latihan Paskibraka, Sentra Pemberdayaan Pemuda, Jambore Pemuda Indonesia. Sedangkan di seksi Olahraga yakni: Hari Olahraga Nasional, Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XII. Kegiatan PPL indvidu telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan dan berjalan dengan lancar. Pelaksanaan program kerja individu dapat terlaksana karena kerjasama Mahasiswa PPL dengan pihak Balai Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta baik pimpinan Lembaga, Kepala Seksi Pemuda, Kepala Seksi Olahraga, Kepala Seksi Tata Usaha maupun staff dimasing-masing seksi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Lembaga, Kegiatan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 May 2016 07:24
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32418

Actions (login required)

View Item View Item