LAPORAN PENELITIAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA “Pelaksanaan Visitasi Akreditasi Sekolah/ Madrasah di Seksi Evaluasi Pendidikan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga ”

Tri Kurnia Darmawanti, Tri Kurnia Darmawanti LAPORAN PENELITIAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA “Pelaksanaan Visitasi Akreditasi Sekolah/ Madrasah di Seksi Evaluasi Pendidikan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga ”. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN+PENELITIAN+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan visitasi akreditasi sekolah/ madrasah di SD Kanisius Ganjuran Bambanglipuro Bantul oleh tim asesor yang diselenggarakan BAP S/M Daerah Istimewa Yogyakarta. Pentingnya penelitian ini dilakukan didasarkan pada keingintahuan peneliti mengetahui proses menguji kebenaran dan kelayakan sekolah/ madrasah yang dilakukan BAP S/M bersama tim aseseor dengan cara melakukan evaluasi isian instrumen dan audit dokumen untuk dapat merekomendasikan kelayakan sekolah/ madrasah yang akan diakreditasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini menekankan pada mendeskripsikan secara sistematik faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan-hubungan antara fenomena yang diteliti dapat berupa status kelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran dan suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Subyek penelitian ini adalah tim asesor bersama BAP S/M dan sekolah yang akan diakreditasi pada tahun ini yaitu SD Kanisius Ganjuran Bambanglipuro Bantul. Analisis Data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan visitasi akreditasi sekolah/ madrasah di SD Kanisius Ganjuran Bambanglipuro Bantul yang dilakukan BAP S/M bersama tim asesor berjalan lancar sesuai dengan prinsip-prinsip visitasi dan ketentuan BAN S/M terkait dengan pelaksanaan tugas tim asesor untuk melakukan visitasi akreditasi. Dalam pelaksanaan visitasi di SD Kanisius Ganjuran Bambanglipuro Bantul terdapat beberapa kendala yang dialami pihak sekolah terkait penyiapkan audit dokumen atau bukti-bukti pelaksanaan kegiatan sekolah (borang akreditasi) karena masih terdapat beberapa komponen yang tidak ada atau kurang lengkap dan tidak sesuai, hal ini mengakibatkan pihak sekolah harus mencari arsip terkait dan tim asesor harus menunggu bukti-bukti tersebut. Apabila bukti-bukti pelaksanaan kegiatan sekolah tidak ada setelah dicari, tim asesor memberikan kesempatan kepada pihak sekolah untuk melengkapi bukti tersebut dan menunjukkan pada hari kedua pelaksanaan visitasi tetapi apabila pada hari kedua tetap tidak sesuai dengan isian instrumen maka tim asesor akan memberikan penilaian terkait kegiatan tersebut sesuai butir instrumen dengan seadanya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Visitasi, Tim Asesor, SD Kanisius Ganjuran.
Subjects: Laporan > KKN - PPL
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 May 2016 07:19
Last Modified: 01 Oct 2019 15:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32417

Actions (login required)

View Item View Item