PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA SECARA TERINTEGRASI TERHADAP SIKAP ILMIAH, PRESTASI BELAJAR KIMIA DAN RETENSI PENGETAHUAN KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA

PURWO HESTI , , NUGROHO (2010) PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA SECARA TERINTEGRASI TERHADAP SIKAP ILMIAH, PRESTASI BELAJAR KIMIA DAN RETENSI PENGETAHUAN KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGARUH_PELAKSANAAN_PRAKTIKUM_KIMIA_SECARA_TERINTEGRASI_TERHADAP_SIKAP_ILMIAH.docx

Download (11kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: 1) pengaruh pclaksanaan praktikum kimia secara terintegrasi terhadap sikap ilmiah; 2) prestasi belajar kimia; 3) retensi pengetahuan kimia peserta didik kelas XI SMA Negrri 8 Yogyakarta pada semester gasal tahun ajaran 2007/2008. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SM~1 Negeri 8 Yogyakarta pada semester gasal tahun ajaran 2007/2008. Sampel penclitian ini adalah dua kelas XI IPA, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan saw kelas sebagai kelas kontrol. Data pengetahuan awal berupa nilai ulangan Ternlokimia. Peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol diberi angket sikap ilmiah untuk mengukur sikap ilmiah mereka, kemudian kelas eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran dengan praktikum kimia secara terintegrasi. Pada ak.hir perlakuan peserta didik diberi angket sikap ilmiah untuk mengukur perubahan sikap ilmiah setelah mengalami perlakuan, serta diberi tes prestasi dengan materi pokok Laju Reaksi dan Kesetimbangan Kimia. Peserta didik diberi tes retensi dengan soal yang sama dengan tes prestasi dalam jangka waktu dua setengah bulan setelah tes prestasi berupa soal yang sama dengan tes prestasi. Hasil uji statistik data penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai R` sebesar 0,159 yang menunjukkan sumbangan efektifnilai pengetahuan awal kimia kelas sampel terhadap prestasi belajar kimia dalam penelitian ini adalah 15,9%. Hasil uji t beda subjek menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan sikap ilrniah antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol (p = 0,812). Hasil uji t sama subjek menunjukkan bahwa tidak ada peningkatan sikap ilmiah baik pada kelas eksperimen (p = 0,508) maupun kelas I:ontrol (p = 0,629). Hasil uji Anakova satu jalur menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar kimia antara keras kontrol dengan kelas eksperimen (Fo = 4,517; p = 0,036) namun prestasi kelas kontrol lebin tinggi daripada kelas eksperimen. Hasil uji t beda subjek menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signitikan antara rmensi pengetahuan kimia kelas eksperimen dengan kelas kontrol (p = 0,095).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 29 Jan 2019 15:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3241

Actions (login required)

View Item View Item