LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK Koperasi Yogyakarta

Febrianti Dian Sari, Febrianti Dian Sari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK Koperasi Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL - FEBRIANTI DIAN SARI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib bernilai 3 SKS yang berbentuk praktik lapangan. Dalam melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) kami ditempatkan di SMK Koperasi Yogyakarta yang beralamatkan di jalan Kapas 1 nomer 5 Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk mengetahui dan menambah pengalaman secara nyata tentang menerapan kompetensi-kompetensi yang diperoleh dalam bangku kuliah untuk bekal menjadi seorang tenaga pendidik. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tidak hanya meningkatkan kompetensi dalam penyaluran ilmu, akan tetapi mahasiswa nantinya mampu untuk memiliki sikap, pengetahuan, kreativitas dan nilai yang dibutuhkan oleh seorang pendidik. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dalam pelaksanaanya dimulai dari observasi di SMK Koperasi Yogyakarta yang diselenggarakan sebelum penerjunan di sekolah tepatnya pada 10 februari – 8 agustus 2015, setelah penerjunan mahasiswa dalam pelaksanaanya dituntut untuk mampu langsung mengajar didalam kelas, dan yang terakhir adalah evaluasi. Pelaksanaan PPL berada pada kelas XI AK1, XI AK2, dan XI AK3 dengan mata pelajaran administrasi pajak dengan jumlah mengajar sebanya 1-2 kali seminggu termasuk didalamnya ulangan harian. Selain belajar mengajar di kelas, mahasiswa dituntut untuk melaksanakan program PPL diantaranya membuat administrasi guru, membantu administrasi sekolah, kegiatan ekstrakulikuler diantaranya pramuka, OSIS, kegiatan disiplin sekolah dan olahraga. Tidak semua kegiatan berjalan dengan lancar, akan tetapi dibeberapa kegiatan terdapat berbagai hambatan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Koperasi Yogyakarta banyak mengalaman dan manfaat yang kami dapatkan diantaranya adalah mendapatkan pengalaman nyata dalam mengajar khusunya pada bidang akuntansi, mampu menerapkan berbagai kreatifitas dalam mengajar yang tidak didapatkan dalam bangku kuliah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 May 2016 04:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32390

Actions (login required)

View Item View Item