LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK Koperasi Yogyakarta

Fajar Setyo Pranyoto, Fajar Setyo Pranyoto (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK Koperasi Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL - FAJAR SETYO PRANYOTO.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib bernilai 3 SKS yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Koperasi Yogyakarta yang terletak di Jalan Kapas 1/5 Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang mengajar di sekolah. Dengan dilakukanya Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa peserta PPL mampu memiliki pengalaman mengajar yang sesungguhnya dan mampu mengambil pelajaran setelah melakukan pembelajaran disekolah. Selain hal itu, mahasiswa PPL juga diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik sehingga ketika sudah lulus mampu bersaing di dunia kerja, dan menjadi pendidik yang berkualitas. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas X DKV, XI Akuntansi, PM, DKV, XII Akuntansi, PM, DKV, dengan mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. yang masing-masing kelas berjumlah 20 dan 30 anak dengan total jumlah mengajar sebanyak 1-2 kali di 12 kelas tersebut. Selain praktik mengajar, program kegiatan PPL juga meliputi penyusunan perangkat administrasi guru, program pendampingan kegiatan sekolah seperti OSIS, Pramuka, Gerakan Disiplin Sekolah/tonti, dan Ekstrakulikuler Olahraga futsal. Secara umum kegiatan PPL berjalan dengan lancar. Dari pelaksanaan PPL yang selama kurang lebih satu bulan di SMK Koperasi, mahasiswa PPL dapat mendapatkan berbagai manfaat antara lain seperti: mengerti bagaimana kondisi mengajar di sekolah yang sebenarnya, memperoleh pengalaman-pengalaman baru baik di bidang ilmu pengetahuan, nilai, norma-norma, dan berbagai permasalahan yang dihadapi ketika mengajar. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang nantinya akan menjadi bekal untuk menjadi pengajar yang profesional dan bermoral.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 May 2016 04:35
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32389

Actions (login required)

View Item View Item