LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK Koperasi Yogyakarta

Asterina Bela Khairiyah, Asterina Bela Khairiyah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK Koperasi Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL - ASTERINA BELA KHAIRIYAH.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib bernilai 3 SKS yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Koperasi Yogyakarta yang terletak di Jalan Kapas 1/5 Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan ini penyeusun ambil pada semester khusus, dan telah dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Mahasiswa yang melaksanakan PPL di SMK Koperasi Yogyakarta ini terdiri dari 16 mahasiswa dari program pendidikan bimbingan konseling, pendidikan akuntasi, pendidikan akuntansi internasional, pendidikan ekonomi, pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi, pendidikan bahasa inggris dan pendidikan kewarganegaraan. Setelah mengambil mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran mengajar dan kegiatan sekolah lainnya yang dapat dijadikan bekal untuk menjadi tenaga pendidik selanjutnya. Dengan adanya PPL pula, mahasiswa peserta PPL mampu meningkatkan kompetensinya sebagai calon pendidik yang profesional. Selain hal itu, mahasiswa PPL juga diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas XI Akuntansi 2 dan kelas XI Pemasaran dengan mata pelajaran Kewirausahaan yang masing-masing berjumlah 20 dan 32 anak dengan total jumlah mengajar sebanyak 4-5 kali di 2 kelas tersebut termasuk pelaksanaan ulangan harian, jadi keseluruhan praktik mengajar praktikan sebanyak 8 kali. Selain praktik mengajar, program kegiatan PPL juga meliputi penyusunan perangkat administrasi guru, program pendampingan kegiatan sekolah seperti Pramuka, Gerakan Disiplin Sekolah/tonti, OSIS, dan Ekstrakulikuler Olahraga. Secara umum kegiatan PPL berjalan dengan lancar dengan sedikit hambatan. Namun, mahasiswa PPL telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Munculnya hambatan selama pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Selama PPL, praktikan juga menyusun program- program agar pelaksanaan PPL berjalan dengan lancar. Dari pelaksanaan PPL yang selama kurang lebih satu bulan di SMK Koperasi, mahasiswa PPL dapat mendapatkan berbagai manfaat antara lain seperti: penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang kewirausahaan yang diperoleh di bangku perkuliahan, kemudian pemahaman baru mengenai tugas nyata pendidik di lapangan, serta memperoleh petahuan mengenai menangani peserta didik dengan sifat dan perilaku yang berbeda. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagu semua pihak terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 May 2016 04:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32388

Actions (login required)

View Item View Item