Arief Nurrahman, Arief Nurrahman (2015) Laporan Individu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) SMK Koperasi Yogyakarta Jalan Kapas 1 Nomor 5 Semaki Umbulharjo Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN PPL - ARIEF NURRAHMAN.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wahana untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan sekolah lainnya yang akan digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik. Diharapkan dengan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini mahasiswa peserta PPL mampu meningkatkan kompetensinya sebagai calon pendidik yang profesional. Selain itu, mahasiswa PPL juga diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas negeri Yogyakarta pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di lingkungan masyarakat sekolah, yaitu masyarakat SMK Koperasi Yogyakarta yang terletak di Jalan Kapas 1 nomor 5 Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari kegiatan observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas XI Akuntansi 2 dan 3 dengan mata pelajaran Kas Kecil yang masing-masing berjumlah 20 anak dengan total jumlah mengajar sebanyak 5 kali secara bergantian di 2 kelas tersebut termasuk pelaksanaan ulangan harian. Selain itu sebagai tambahan pengalaman praktik mengajar juga dilakukan tambahan praktik dengan materi yang berbeda yaitu Administrasi pajak di kelas XI Akuntansi 3 sebanyak 1 kali mengajar dengan jumlah siswa 20 anak. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tidak terpaku pada kegiatan praktik mengajar saja, namun terdapat program lainnya seperti penyusunan perangkat administrasi guru, program pendampingan kegiatan ekstrakurikuler sekolah seperti Pramuka, Gerakan Disiplin Sekolah/tonti, dan OSIS. Secara umum kegiatan PPL sudah berjalan dengan lancar dengan sedikit hambatan. Tetapi mahasiswa selalu berusaha untuk menekan hambatan yang terjadi, sehingga program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan lancar. Dari pelaksanaan PPL yang selama kurang lebih satu bulan di SMK Koperasi Yogyakarta, mahasiswa PPL mendapatkan berbagai manfaat antara lain seperti dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang Akuntansi, pemahaman tentang karakteristik siswa, pemahaman tentang lingkungan sekolah serta pemahaman baru mengenai tugas nyata seorang pendidik di lapangan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 04 May 2016 04:33 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32387 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |