PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KOMPETENSI BELAJAR PRAKTEK MENJAHIT BUSANA WANITA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Putri, Balqies (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KOMPETENSI BELAJAR PRAKTEK MENJAHIT BUSANA WANITA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Putri Balqies 12513247011.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KOMPETENSI BELAJAR PRAKTEK MENJAHIT BUSANA WANITA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA Oleh : Putri Balqies NIM. 12513247011 ABSTRAK Tujuan Penelitian ini dirancang untuk 1) mengetahui kompetensi belajar praktek menjahit busana wanita pada siswa kelas X busana 3 tidak menggunakan model pembelajaran quantum learning di SMK Negeri 4 Yogyakarta, 2) mengetahui kompetensi belajar praktek menjahit busana wanita pada siswa kelas X busana 1 dengan menggunakan model pembelajaran quantum learning di SMK Negeri 4 Yogyakarta, 3) mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum learning terhadap kompetensi belajar praktek menjahit busana wanita di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian dua kelompok tipe static group design atau non equivalent posttest-only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta kelas X Busana Butik SMK Negeri 4 Yogyakarta sebanyak 128 siswa. ukuran sampel penelitian sebanyak 64 orang ditentukan dengan random sampling. data dikumpulkan dengan mengunakan tes uraian, lembar penilaian sikap dan penilaian unjuk kerja. Uji validitas instrument menggunakan validitas isi dan reliabilitas instrument menggunakan antar-rater. Uji normalitas menggunakan rumus Kolmogrov Smirnov dengan nilai kelas kontrol sebesar 1,076 dan nilai 0,955 pada kelas Eksperimen. Uji homogenitas menggunakan uji F diperoleh Fhitung sebesar 0,149. Untuk analisis data menggunakan uji t (t-test). Hasil penelitian diketahui bahwa : 1) kompetensi belajar praktek menjahit busana wanita pada kelas X busana 3 tidak menggunakan model pembelajaran quantum learning mendapat rata-rata sebesar 78,99 dengan kategori tuntas sebanyak 21 siswa (65.6%) dan tidak tuntas sebanyak 11 siswa (34.3%), 2) kompetensi belajar praktek menjahit busana wanita pada kelas X busana 1 menggunakan model pembelajaran quantum learning mendapat rata-rata sebesar 84,85 dengan kategori tuntas sebanyak 26 siswa (81.3%) dan kategori tidak tuntas sebanyak 6 siswa (18.8%). 3) Melihat hasil rata-rata nilai kompetensi siswa mengalami peningkatan dalam penggunaan model pembelajaran quantum learning dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran quantum learning, hal ini ditunjukkan pula dengan hasil perhitungan uji t (t-test) diperoleh thitung3,273>ttabel1,999, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran quantum learning efektif digunakan dalam pembelajaran praktek menjahit busana wanita pada kelas X Busana Butik di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Kata Kunci : Quantum Learning, praktek menjahit busana wanita, SMK.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 04 May 2016 03:47
Last Modified: 30 Jan 2019 07:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32383

Actions (login required)

View Item View Item