Putra, Nur Arifin (2016) IMPLEMENTASI METODE TPS (THINK – PAIR – SHARE) PADA MATA DIKLAT TEORI MENGGUNAKAN ALAT UKUR (MEASSURING TOOLS) GUNA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN. S1 thesis, U N Y.
|
Text
PUTRA NUR ARIFIN - 10504247020.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
IMPLEMENTASI METODE TPS (THINK – PAIR – SHARE) PADA MATA DIKLAT TEORI MENGGUNAKAN ALAT UKUR (MEASSURING TOOLS) GUNA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN Oleh : Putra Nur Arifin 10504247020 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan partisipasi dan hasil belajar menggunakan alat ukur (measuring tools) siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Tahun Ajaran 2012/2013 melalui implementasi metode think pair share (TPS). Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, pada proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran think pair share (TPS). Sistematika penelitian menggunakan Siklus berkelanjutan. Sasaran penelitian ini adalah peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat menggunakan alat ukur (measuring tools) kelas X TKR C yang berjumlah 35 siswa. Aspek yang diteliti meliputi aktivitas siswa yang menunjukkan partisipasi, serta hasil belajar siswa berupa evaluasi sebagai indikator keberhasilan peningkatan hasil belajar. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan tes awal pretes untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan juga melihat nilai rata-rata hasil ulangan harian dari guru mata diklat sebelumnya sebagai pembanding dan evaluasi untuk digunakan sebagai acuan untuk menentukan tingkat penguasaan materi seluruh siswa pada mata diklat menggunakan alat ukur (measuring tools). Pemberian materi menggunakan model pembelajaran think pair share (TPS) pada setiap siklusnya, selanjutnya dilakukan post test disetiap akhir pembelajaran. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, paparan data dan penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan tiap siklusnya. Peningkatan partisipasi dari siklus I siswa yang berpartisipasi sebesar 41.75%, pada siklus II sebesar 61.19%. Sedangkan peningkatan hasil belajar bisa dilihat pada pra-siklus, persentase ketuntasan berdasarkan KKM sebesar 42,96% dan rata-rata kelas sebesar 6,13, pada siklus I persentase ketuntasan berdasarkan KKM sebesar 57,14% dan rata-rata kelas sebesar 6,76, kemudian pada siklus II persentase ketuntasan berdasarkan KKM sebesar 82,96% dan rata-rata kelas sebesar 7,47. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model think pair share (TPS) dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Partisipasi, hasil belajar, model pembelajaran cooperative learning think pair share
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 04 May 2016 03:31 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32381 |
Actions (login required)
View Item |