PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBENTUKAN SOAL (PROBLEMPOSING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2007/2008

Purnamawati, Purnamawati (2010) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBENTUKAN SOAL (PROBLEMPOSING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2007/2008. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGARUH_PENERAPAN_PENDEKATAN_PEMBENTUKAN_SOA2.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang menggunakan pendekatan problem posing model semi terstruktur dengan prestasi belajar kimia peserta didik yang menggunakan pendekatan problem posing model terstruktur pada pembelajaran kimia kelas X semester 2 di SMAN 1 Prambanan tahun ajaran 2007/2008. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan satu faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester 2 SMAN 1 Prambanan tahun ajaran 2007/2008. Sampel penelitian sebanyak 77 peserta didik yang diambil secara purposive sampling. Peserta didik tersebut terbagi dalam 2 kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen (Al) yang menggunakan pendekatan problem posing model semi terstruktur dan satu kelas sebagai kelas eksperimen (A2) yang menggunakan pendekatan problem posing model terstruktur. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian (Anakova). Berdasarkan hasil analisis data dengan cara Anakova diperoleh FO ~ sebesar 67,227 dan p = 0,000. Harga FO > Flabd sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing model semi terstruktur dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing model terstruktur, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Rerata semua variabel untuk anakova kelas eksperimen A 1 sebesar 62.')82 sedangkan untuk kelas eksperimen A2 sebasar 43,559. Jadi, pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing model semi terstruktur lebih efektif jika dibandingkan pendekatan problem posing tQrstruktur.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 29 Jan 2019 15:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3238

Actions (login required)

View Item View Item