MOTIVASI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KELENGKAPAN FASILITAS PRAKTIK SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK N 2 YOGYAKARTA

Putaris, Lafianto (2016) MOTIVASI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KELENGKAPAN FASILITAS PRAKTIK SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Putaris Lafianto - 07501241021.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

MOTIVASI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KELENGKAPAN FASILITAS PRAKTIK SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK N 2 YOGYAKARTA Oleh: Putaris Lafianto 07501241021 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa, motivasi belajar, persepsi siswa tentang kelengkapan fasilitas praktik, pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar, pengaruh persepsi siswa tentang kelengkapan fasilitas praktik terhadap prestasi belajar, pengaruh motivasi belajar dan persepsi siswa tentang kelengkapan fasilitas praktik secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Responden penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 60 orang. Penelitian ini menggunakan dua macam variabel, 1) Variabel Bebas, yaitu: Motivasi Belajar (X1) dan Persepsi Siswa Tentang Kelengkapan Fasilitas Praktik (X2); 2) Variabel Terikat yaitu prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Yogyakarta pada Mata Pelajaran Praktik Instalas Listrik (Y). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat prestasi belajar siswa tergolong dalam kategori tinggi dengan rerata nilai 71,1667; (2) tingkat motivasi belajar siswa tergolong dalam kategori tinggi dengan persentase rata-rata 76,87%; (3) tingkat persepsi siswa tentang kelengkapan fasilitas praktik tergolong dalam kategori baik dengan persentase rata-rata 71,83% (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan tingkat prestasi belajar siswa dengan nilai thitung = 2,391 (> ttabel = 2,000) pada taraf signifikansi 5%; (5) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kelengkapan fasilitas praktik dengan tingkat prestasi belajar siswa dengan nilai thitung = 7,951 (> ttabel = 2,000) pada taraf signifikansi 5%; (6) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan persepsi siswa tentang kelengkapan fasilitas praktik dengan tingkat prestasi belajar siswa dengan nilai Fhitung = 319,974 (> Ftabel = 3,16) pada taraf signifikansi 5%. Kata kunci: motivasi belajar, fasilitas praktik, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 04 May 2016 03:27
Last Modified: 30 Jan 2019 07:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32378

Actions (login required)

View Item View Item