Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Fisika

Jumali, Jumali (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Fisika. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-jumali-13708251064.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memenuhi kriteria kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan (2) menguji keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian adalah research & development (R&D). Penelitian mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D (four D model). Pengembangan perangkat tersebut dimulai dari tahap studi pendahuluan, desain produk, uji ahli dan praktisi, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar observasi pengelolaan pembelajaran, lembar respon peserta didik, lembar wawancara guru dan tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MA Sunan Pandanaran. Responden dalam penelitian ini sebanyak 101 orang, yang terdiri dari 5 orang validator, 32 orang peserta didik pada uji coba terbatas dan 64 orang peserta didik pada uji coba lapangan. Penelitian ini menghasilkan: (1) perangkat pembelajaran yang layak digunakan dan (2) Hasil uji coba menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis Learning Cycle 7E dengan yang menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan, peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan gain 0,53 dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan gain 0,47

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Learning Cycle 7E, kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 May 2016 03:23
Last Modified: 09 May 2019 07:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32377

Actions (login required)

View Item View Item