PEMETAAN PENGGUNAAN METODE MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA/SMK MITRA UNY

Fitri Nur Isnaeni (2016) PEMETAAN PENGGUNAAN METODE MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA/SMK MITRA UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Fitri_2016.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh narasi metode mengajar dalam Rencana Palaksanaan Pembelajaran (RPP) cenderung berfungsi sebagai penghias dan pelengkap desain pembelajaran. Guru terlihat mengesampingkan makna awal dari penggunaan metode mengajar sehingga metode dan materi ajar menjadi kurang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan penggunaan metode mengajarberdasarkan dokumen RPP sehingga terlihat gambaran metode mengajar yangdipilih oleh guru. Desain penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metodesurvei analisis dokumen (analisis isi). Populasi dalam penelitian ini yaitu guruPendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA/SMK mitra UNY. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman dokumentasi yang telah divalidasi oleh 2 expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis dokumen yang kemudian dipersentasekan secarakuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 20,74% guru cenderung menggunakan metode demonstrasi. Guru cenderung menggunakan 5 metodemengajar dalam desain RPP yaitu sebanyak 36,37%. Sebanyak 21,43% guru cenderung menggunakan metode demonstrasi dalam materi permainan bola besar.Metode yang jarang digunakan oleh guru yaitu metode uji diri, metode konvergen,metode divergen, metode program individu peserta didik, metode inisiasi pesertadidik, dan metode mengajar diri sendiri. Sebanyak 20,83% guru cenderungmenggunakan metode demonstrasi pada Kurikulum 2006. Sebanyak 20,58% guru cenderung menggunakan metode demonstrasi pada Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode, mengajar, guru
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 May 2016 03:26
Last Modified: 30 Jan 2019 07:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32368

Actions (login required)

View Item View Item