FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI MENJADI TUTOR KEJAR PAKET DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) SEJAHTERA YOGYAKARTA

RANDANI, DERI (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI MENJADI TUTOR KEJAR PAKET DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) SEJAHTERA YOGYAKARTA. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12413241056.swf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi menjadi tutor di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sejahtera. (2) mengetahui faktor yang membuat tutor kejar paket tetap bertahan menjadi tenaga pendidik di PKBM Sejahtera. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif dengan lokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sejahtera Kota Yogyakarta. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling, dengan informan guru non-PNS, siswa, pengelola dan staff Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan pola analisis etnografik yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa faktor-faktor yang melatarbelakangi menjadi tutor kejar paket di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sejahtera Yogyakarta: 1) keinginan diri sendiri sebagai bahan aktualisasi diri, mengembangkan ilmu pengetahuan tutor, dan telah ikut serta mendirikan PKBM Sejahtera 2) tertarik pada dunia pendidikan, sebagai tempat untuk mengabdi, 3) perekrutan oleh pengelola yang dilakukan dengan rekomendasi tutor lain maupun PKBM lain, 4) memiliki Akta IV atau akta mengajar 5) memiliki relevansi ilmu pengetahuan yang sama antara ijasah S1 dan mata pelajaran yang diampu. Selain itu, terdapat faktor yang mempengaruhi tutor tetap bertaha di PKBM Sejahtera dengan gaji yang cukup yaitu: 1) sebagai bentuk kegiatan sosial untuk memenuhi kebutuhan sosial 2) budaya kekeluargaan dan keterbukaan di PKBM Sejahtera antara tutor, pengelola dan siswa. Mengandalkan sistem musyawarah untuk setiap pemecahan masalah 3) dipergunakan untuk menambah penghasilan sebagai tambahan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi yaitu sandang, pangan dan papan, 4) memiliki waktu luang yang cukup diluar kegiatan bekerja pada pekerjaan pokok. Kata Kunci : Tutor Kejar Paket, PKBM, Faktor yang melatarbelakangi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 04 May 2016 01:27
Last Modified: 30 Jan 2019 07:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32363

Actions (login required)

View Item View Item