PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN SISTEM REM MELALUI MEDIA VISUAL GAMBAR DI SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN

Setiawan , - (2011) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN SISTEM REM MELALUI MEDIA VISUAL GAMBAR DI SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran Sistem Rem dengan menggunakan media visual gambar dan meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran mata pelajaran sistem rem yang diajar dengan menggunakan media visual gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classrom Action Research) dilaksanakan di SMK Perindustrian Yogyakarta. Setiap siklus dilakukan 4 kali pertemuan di mulai tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara hasil observasi pada siklus I, siklus II, siklus III dengan teknik deskriptif kualitatif yang diterangkan dalam nilai rata-rata hasil belajar dan persentase aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendekatan pembelajaran dengan menggunakan media visual gambar pada mata pelajaran sistem rem dengan strategi pembelajaran dengan menggunakan media visual gambar adalah dengan memberikan presentasi kelas dengan menggunakan gambar yang berupa poster, flash, walchart dan menggunakan power point. Besar peningkatan minat siswa dapat diketahui dari lembar observasi minat siswa dan prestasi belajar siswa naik dari siklusnya. Ini bisa dilihat dari meningkatnya nilai/skor rata-rata jumlah semua aspek perasaan senang, perhatian, kemauan untuk belajar, aktivitas keterlibatan siswa dalam pembelajaran, aktivitas siswa dalam menerima dan memahami pembelajaran dari siklus I dengan nilai 2,79 dengan kategori cukup baik. Naik pada siklus II dengan nilai 3,17 dengan kategori cukup baik. Selanjutnya Pada siklus III dengan nilai 3,58 dengan kategori cukup baik. Sedangkan dilihat dari perolehan prestasi siswa mengalami kenaikan ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I dengan nilai 63,79 dengan kategori kurang baik, naik pada siklus II dengan nilai 72,97 dengan kategori sedang, naik pada siklus III dengan nilai 74,14 dengan kategori sedang. Jika dipersentasikan tingkat kelulusan mencapai 82,35% hal ini berarti baik karena pencapaian kompetensi kelas mencapai 70%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 29 Jan 2019 15:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3236

Actions (login required)

View Item View Item