Pembekalan Kosakata yang Relevan dan Penggunaan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Memahami Teks Analytical Exposition di Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Muara Harus

Ananta, Andik Faisol Riza (2012) Pembekalan Kosakata yang Relevan dan Penggunaan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Memahami Teks Analytical Exposition di Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Muara Harus. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-andik-faisol-riza-ananta-10706259027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Masalah yang dihadapi siswa di Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Muara Harus adalah keterampilan memahami teks yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami teks analytical exposition melalui pembekalan kosakata yang relevan dan penggunaan teknik mind mapping. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengadaptasi dan menerapkan model Elliot (1992). Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Juni 2012. Subjek penelitian ini adalah 21 siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Muara Harus. Objek penelitian ini adalah pembekalan kosakata yang relevan dan penggunaan teknik mind mapping sebagai upaya meningkatkan keterampilan siswa memahami teks analytical exposition. Penelitian ini menggunakan jenis tindakan simultan terintegrasi. Data dikumpulkan melalui angket, test hasil belajar, observasi, dan wawancara, dan dianalisis menggunakan model interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembekalan kosakata yang relevan dan penggunaan teknik mind mapping berhasil meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami teks bahasa Inggris yang ditandai dengan peningkatan proses dan hasil pemahaman siswa terhadap teks selama proses pembelajaran. Pemahaman siswa tentang gambaran umum, pokok pikiran dan informasi dalam teks menjadi lebih mudah. Teknik ini menimbulkan keaktifan, perhatian dan konsentrasi siswa selama proses pembelajaran. Penguasaan materi menjadi lebih baik daripada sebelum tindakan dilaksanakan dan berlanjut pada siklus berikutnya. Selain itu, prestasi hasil belajar pemahaman teks meningkat. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa sebagai berikut: 52,57 untuk nilai rata-rata pada pratindakan, 64,67 untuk nilai rata-rata pada siklus 1, 70,33 untuk nilai rata-rata siklus 2 dan 74,10 untuk nilai rata-rata siklus 3.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembekalan, kosakata, mind mapping, memahami, analytical exposition
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 May 2016 01:46
Last Modified: 30 Nov 2022 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32351

Actions (login required)

View Item View Item