Perbedaan Metode Giving Question and Getting Answer Dan Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping

Handayani, Nurizky (2016) Perbedaan Metode Giving Question and Getting Answer Dan Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12416241013.swf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tersedianya Metode Giving Question and Getting Answer dan Question Student Have yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diberi pembelajaran dengan metode Giving Question and Getting Answer dan siswa yang diberi pembelajaran dengan metode Question Student Have di SMP N 2 Gamping Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Pretest-Posttest, Nonequivalent Multiple-Group Design, populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping Tahun Ajaran 2015/2016, sedangkan sampelnya adalah yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII D sebegai kelas eksperimen 2. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Pengambilan data menggunakan tes objektif berupa pilihan ganda. Validitas instrumen dihitung dengan product moment, dan reliabilitas dengan cronbach’s Alpha. Pengujian prasyarat analisis yaitu perhitungan normalitas dengan menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan perhitungan homogenitas menggunakan Levene Test. Metode analisis data yang digunakan adalah uji-t (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan metode Giving Question And Getting Answer dan siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan metode Question Student Have. Hasil uji-t (independent sample t-test) nilai posttest menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (4.283 > 1.667) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, Hal ini menunjukkan bahwa kelas yang diberi perlakuan menggunakan Metode Giving Question and Getting Answer lebih tinggi hasilnya terhadap hasil belajar. Hal tersebut disebabkan karena siswa lebih antusias dan memahami materi daripada metode Question Student Have. Kata kunci: Metode Giving Question and Getting Answer, Metode Question Student Have, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 04 May 2016 01:04
Last Modified: 30 Jan 2019 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32348

Actions (login required)

View Item View Item