Afandi, Ashari (2016) Pengembangan Modul IPS SMP Kelas VIII Semester 1 dengan Tema Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia. S1 thesis, FIS.
Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 10416241028.swf - Published Version Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya jam pelajaran IPS di SMP sehingga memerlukan bahan ajar berupa modul yang dapat dipelajari secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kelayakan modul untuk digunakan sebagai bahan ajar. 2) Mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap modul sebagai bahan ajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Instrumen pengumpulan data berupa angket/lembar validasi untuk validator dan angket penilaian untuk tanggapan guru dan siswa. Angket berisi daftar pernyataan yang disusun dengan skala Likert, dengan setiap butir pernyataan bernilai antara 1 (sangat kurang) sampai 5 (sangat baik). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Modul dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dengan ditentukan melalui validasi desain oleh ahli materi dan ahli media sehingga diperoleh nilai rata-rata 4,08 oleh ahli materi dengan kategori “baik” dan nilai rata-rata 4,38 oleh ahli media dengan kategori “sangat baik”. 2) Tanggapan terhadap modul diperoleh nilai rata-rata 4,20 oleh guru dengan kategori “baik” dan 4,38 oleh siswa dengan kategori “sangat baik”.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 04 May 2016 01:02 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32347 |
Actions (login required)
View Item |