Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerjasama, Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Co-op Co-op Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Minggir Sleman

Kurnianita, Ertin (2016) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerjasama, Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Co-op Co-op Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Minggir Sleman. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 11416244029.swf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui upaya meningkatkan kemampuan kerjasama dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIII G SMP N 1 Minggir Sleman dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Co-op Co-op; dan (2) mengetahui peningkatan kemampuan kerjasama dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIII G SMP N 1 Minggir Sleman dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Co-op Co-op; (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunanakan model Cooperative Learning tipe Co-op Co-op di kelas VIII G SMP N 1 Minggir Sleman Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Penelitian direncanakan selama 2 siklus. Subjek penelitian kelas VIII G SMP Negeri 1 Minggir tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya meningkatkan kemampuan kerjasama, keaktifan, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Co-op Co-op pada kelas VIII G SMP Negeri 1 Minggir Sleman dilakukan dengan cara mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok, membagi topik siswa menjadi sub topik, setiap siswa menyelesaikan tugas sesuai sub topik secara individu, siswa melakukan presentasi kecil dalam kelompok dan membuat hasil laporan, serta setiap kelompok presentasi di depan kelas. 2) Peningkatan kemampuan kerjasama dan keaktifan belajar siswa ditunjukkan sebagai berikut: (a) Berdasarkan hasil observasi kemampuan kerjasama siswa siklus I 68,55% pada siklus II meningkat menjadi 84,17%. Sedangkan keaktifan belajar siswa sebesar 69,35% pada siklus II meningkat menjadi 83,00%, (b) Berdasarkan hasil angket kemampuan kerjasama siswa pada siklus I sebesar 69,83% pada siklus II meningkat menjadi 84,97%. Sedangkan keaktifan siswa sebesar 70,53% pada siklus II meningkat menjadi 84,04% (c) Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar 66,87, pada siklus II meningkat menjadi 81,25. Peningkatan dari siklus I ke siklus II untuk semua aspek kerjasama, keaktifan, dan hasil belajar sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yakni ≥75%, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil. Kata kunci: Model Cooperative Learning tipe Co-op Co-op, Kemampuan Kerjasama Siswa, Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 04 May 2016 00:59
Last Modified: 30 Jan 2019 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32346

Actions (login required)

View Item View Item