Efektivitas Metode Index Card Match dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VII di SMP Negeri 2 Godean

Sifa, Imna Layinatus (2016) Efektivitas Metode Index Card Match dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VII di SMP Negeri 2 Godean. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12416241054.swf - Published Version

Download (7MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah 1) Metode ceramah sering digunakan dalam proses pembelajaran. 2) Tersedianya metode Index Card Match yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat digunakan dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Index Card Match lebih efektif dibanding dengan metode ceramah terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Pretest-Posttest, Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 2 Godean, sedangkan sampelnya adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Pengambilan data menggunakan tes objektif pilihan ganda. Validasi instrumen dihitung dengan Product Moment, dan reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Uji hipotesis dengan analisis uji-t (Independent Sample T-Test). Pengukuran efektivitas dengan menggunakan ukuran efek Cohen D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Index Card Match lebih efektif dibanding dengan metode ceramah. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis data posttest diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu (5,117 > 1,999) juga diperoleh nilai signifikansi posttest yaitu sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hasil belajar IPS menggunakan metode Index Card Match lebih tinggi dibanding dengan metode ceramah. Hal tersebut ditunjukkan dengan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 89,31, sedangkan rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 79,78. Efektivitas pembelajaran IPS dengan penerapan metode Index Card Match tergolong besar. Kata kunci: Efektivitas Pembelajaran, Metode Index Card Match, Metode Ceramah, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 04 May 2016 00:57
Last Modified: 04 May 2016 00:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32345

Actions (login required)

View Item View Item