PERSEPSI ORANG TUA SISWA KELAS IV SD NEGERI MLATI 1 TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

Mega Orbani Surya, Mega (2015) PERSEPSI ORANG TUA SISWA KELAS IV SD NEGERI MLATI 1 TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Beberapa orang tua siswa masih beranggapan bahwa mata pelajaran Pendidikan Jasmani kurang penting bagi perkembangan dan keberhasilan pendidikan anak-anaknya. Hal tersebut selaras dengan hasil observasi terhadap pembelajaran Pendidikan Jasmani ketika pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi orang tua siswa kelas IV di SD Negeri Mlati 1 terhadap pembelajaran Pendidikan Jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Uji coba instrumen penelitian dilakukan pada 27 orang tua siswa kelas IV SD Negeri Sinduadi 1 dengan menggunakan angket. Angket terdiri dari 15 butir pernyataan, 2 butir dinyatakan gugur. Subjek penelitian adalah orang tua siswa kelas IV SD Negeri Mlati 1 yang berjumlah 31 responden, yang terdiri dari 10 pria dan 21 wanita. Pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari 13 butir pernyataan yang valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Hasil penelitian ini: Persepsi orang tua siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Jasmani yang masuk kategori sangat baik 9,7%, kategori baik 16,1%, kategori cukup baik 38,7%, kategori kurang baik 32,3%, dan kategori tidak baik 3,2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka persepsi orang tua siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Jasmani sebagian besar adalah cukup baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persepsi orang tua siswa, pembelajaran penjas.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 May 2016 03:13
Last Modified: 30 Jan 2019 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32339

Actions (login required)

View Item View Item