Pengaruh Latihan Dengan Pendekatan Permainan Net Terhadap Kemampuan Sepak Sila Pada Siswa Peserta Ekstrakurikuler Sepaktakraw Di SD Negeri Klegen Sendangsari Pengasih Kulon Progo Tahun 2015

Widyastuti, Widyastuti (2015) Pengaruh Latihan Dengan Pendekatan Permainan Net Terhadap Kemampuan Sepak Sila Pada Siswa Peserta Ekstrakurikuler Sepaktakraw Di SD Negeri Klegen Sendangsari Pengasih Kulon Progo Tahun 2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Widyastuti_11604224039.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Masih ada siswa yang belum maksimal dalam melakukan teknik dasar sepaktakraw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan dengan pendekatan permainan net terhadap kemampuan sepak sila siswa peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SD Negeri Klegen Sendangsari Pengasih Kulon Progo Tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain “The One Group Pretest Posttest Design”. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti Ekstrakurikuler sepaktakraw di SD Negeri Klegen Sendangsari Pengasih Kulon Progo yang berjumlah 25 orang, 15 siswa putra dan 10 siswa putri. Pengambilan data menggunakan tes, instrumen sepak sila dari M. Husni Thamrin, dengan instrument yang digunakan berupa tes sepak sila selama 1 menit siswa melakukan sebanyak 3 kali percobaan dan diambil data yang terbaik. Instrumen yang digunakan yaitu tes sepak sila dari M. Husni Thamrin, yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan sebelumnya diuji prasyarat analisis, yaitu: normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh latihan dengan pendekatan net terhadap kemampuan sepak sila bagi siswa peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SD Negeri Klegen Sendangsari Pengasih Kulon Progo, dengan nilai t hitung 6,040 dan t tabel 2,06, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 37,46%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Latihan Pendekatan Net, Sepak Sila, Ekstrakurikuler Sepak Takraw Di SD Negeri Klegen Sendangsari Pengasih Kulon Progo.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 May 2016 03:13
Last Modified: 30 Jan 2019 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32337

Actions (login required)

View Item View Item