Strategi Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Bantul

Anggraini, Devi Nur (2016) Strategi Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Bantul. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
SKRIPSI FULL DEVI 12406241012.swf - Published Version

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya prestasi sejarah yang dicapai oleh siswa SMA Negeri 2 Bantul, sehingga perlu dikaji lebih mendalam mengenai strategi pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Bantul Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Bantul, hambatan penerapan strategi pembelajaran di SMA Negeri 2 Bantul, dan hasil penerapan strategi pembelajaran di SMA Negeri 2 Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian naturalistik yang dilakukan di SMA Negeri 2 Bantul. Proses pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini terdiri dari kendali wawancara, kendali observasi, dan kendali dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif menurut Miles dan Huberman terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru sejarah di SMA Negeri 2 Bantul adalah strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran discovery atau penemuan, 2) hambatan dalam penerapan strategi pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Bantul adalah: a) manajemen waktu, guru merasa kesulitan dalam mengalokasikan waktu dalam proses pembelajaran sejarah, b) siswa kurang kritis dalam menerima materi sejarah , dan c) ketersediaan buku, buku paket sejarah di SMA Negeri 2 Bantul sudah lengkap namun untuk buku pendukung buku paket sejarah belum lengkap, 3) hasil penerapan strategi pembelajaran di SMA Negeri 2 Bantul berupa hasil belajar siswa dari ranah kognitif yang dibuktikan dari pencapaian nilai siswa yang diatas KKM, ranah afektif yang dibuktikan dari kejujuran siswa, tanggung jawab, sikap mandiri dan sikap menerima kekalahan, ranah psikomotorik yang dibuktikan dari ketrampilan siswa dalam melakukan penelitian dan menuliskan hasil penelitian, serta prestasi siswa dibidang sejarah yang dibuktikan dari keberhasilan siswa mendapatkan juara 1 Nasional Lomba Lawatan Sejarah Nasional. Kata kunci: Strategi, Pembelajaran Sejarah, SMA Negeri 2 Bantul

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 04 May 2016 00:38
Last Modified: 30 Jan 2019 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32336

Actions (login required)

View Item View Item