PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP PENINGKATAN KETEPATAN PASSING PEMAIN UKM SEPAKBOLA UNY

ANDI TRI ARIANTO, ANDI (2016) PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP PENINGKATAN KETEPATAN PASSING PEMAIN UKM SEPAKBOLA UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Small Sides Games merupakan salah satu bentuk latihan sepakbola yang memungkinkan pemain untuk melakukan lebih banyak passing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan small sided games terhadap peningkatan ketepatan passing pemain UKM Sepakbola UNY. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, teknik pengambilan data dengan menggunakan tes keterampilan yaitu menggunakan tes ketepatan passing yang diadopsi dari batteray test oleh Subagyo Irianto dengan validitas sebesar 0.963 dan reliabilitas sebesar 0.900. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemain UKM Sepakbola UNY yang masih aktif berlatih sejumlah 40 orang. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 20 sampel dengan syarat pemain harus termasuk dalam PS. UNY, sudah berlatih minimal satu tahun, dan pemain yang aktif dan bersedia mengikuti treatment dari awal sampai akhir. Penelitian ini menggunakan One Group Pre test – Post test Design. Hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan ada perbedaan nilai ratarata hasil pre test dan post test sebesar 1.75 dan nilai p (0.000) < 0.05, hasil ini menunjukkan bahwa Ha ditolak dan H diterima sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan small sides games terhadap peningkatan ketepatan passing pemain UKM Sepakbola UNY. Berdasarkan perbedaan hasil rata-rata (mean difference) dari pre test dan post test maka dapat diketahui besarnya persentase peningkatan ketepatan passing pemain UKM Sepakbola UNY sebesar 23,33%. 0

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Small sided games, Ketepatan Passing, Sepakbola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 May 2016 03:14
Last Modified: 30 Jan 2019 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32332

Actions (login required)

View Item View Item