PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEORI DASAR MESIN BUBUT KONVENSIONAL BERBASIS SOFTWARE MACROMEDIA FLASH PROFESIONAL 8 DI SMK NEGERI 2 PENGASIH

IRFAN F, WIBISONO (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEORI DASAR MESIN BUBUT KONVENSIONAL BERBASIS SOFTWARE MACROMEDIA FLASH PROFESIONAL 8 DI SMK NEGERI 2 PENGASIH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (Document)
THE_DEVELOPMENT_OF_INTERACTIVE_EDUCATIONAL_MEDIA_BASIC_CONCEPT_OF_CONVENTIONAL_LATHE_MACHINE_BASED_ON_THE_MACROMEDIA_FLASH_PROFESSIONAL_8_SOFTWARE_IN_SMK_NEGERI_2_PENGASIH.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses dan hasil pengembangan media pembelajaran interaktif teori dasar mesin bubut konvensional berbasis software Macromedia Flash Profesional 8, (2) mengetahui kelayakan media tersebut. Metode pengembangan media ini terdiri dari enam tahap, yaitu: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner/ angket. Responden adalah siswa kelas X Jurusan Permesinan, SMK Negeri 2 Pengasih. Proses dan hasil pembuatan media pembelajaran ini adalah sebagai berikut: tahapan proses pembuatan, yaitu: Studi Lapangan dan Literatur, Identifikasi Kebutuhan, Perumusan Tujuan, Perancangan Produk, Validasi Ahli Materi dan Media, Revisi 1, Uji Terbatas, Revisi II, Uji Luas, Revisi III. Hasilnya berupa media pembelajaran dengan 7 menu utama, yaitu: Pendahuluan, Komponen Bubut, Cara Membubut, Hitung Teknis, Tentang Kami, Latihan dan Bantuan. Media didokumentasikan dalam CD dengan file sebesar 230 MB dan dikemas dalam hard case yang bertuliskan: Nama Media, Pengguna,Isi Media dan Petunjuk Instalasi. Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran yaitu: aspek pembelajaran memperoleh skor 2787 rerata 3,51; aspek substansi materi memperoleh skor 3261 rerata 3,43; aspek tampilan memperoleh skor 2331 rerata 3,38; aspek pemrograman dan komunikasi visual memperoleh skor 761 rerata 3,59; aspek motivasi belajar memperoleh skor 384 rerata 3,62. Secara keseluruhan prosentase penilaian kelayakan media terseb

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 29 Jan 2019 15:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3233

Actions (login required)

View Item View Item