Implementasi Pendidikan Multikultural sebagai Upaya Bela Negara dalam Membentuk Ketahanan Nasional di SD Kanisius Eksperimental Mangunan

Istiqomah, Annisa (2016) Implementasi Pendidikan Multikultural sebagai Upaya Bela Negara dalam Membentuk Ketahanan Nasional di SD Kanisius Eksperimental Mangunan. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12401241041.swf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Sistem Pembelajaran PEKIK di SDKE Mangunan sebagai upaya bela negara dalam membentuk ketahanan nasional, (2) Peranan guru dan sekolah di SDKE Mangunan dalam mengimplementasikan Pendidikan Multikultural sebagai upaya bela negara dalam membentuk ketahanan nasional, (3) Peluang dan tantangan dalam mengimplementasikan Pendidikan Multikultural di SDKE Mangunan sebagai upaya bela negara dalam membentuk ketahanan nasional. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian mengggunakan teknik purposive yang terdiri dari Ketua dan Sekretaris Yayasan SDKE Mangunan, Kepala Sekolah SDKE Mangunan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SDKE Mangunan, Koordinator Kesiswaan SDKE Mangunan, Guru SDKE Mangunan, dan Komite Sekolah SDKE Mangunan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi, teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik analisis datanya mencakup reduksi data, display data, serta kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pendidikan Multikultural di SDKE Mangunan dianggap sebagai upaya bela negara dalam membentuk ketahanan nasional karena mampu memberikan identitas kepada diri anak, menumbuhkan sikap bangga terhadap Indonesia, memberikan wadah bagi anak-anak untuk terus berekplorasi dengan lingkungan sekitar, dan memberikan bekal pengalaman kepada anak, (2) peranan guru dan sekolah di SDKE Mangunan dalam mengimplementasikan Pendidikan Multikultural terlihat dari segi agama, gender, kepedulian sosial, etnis, bahasa, perbedaan kemampuan, dan umur, (3) Tantangan yang dihadapi SDKE Mangunan dalam mengimplementasikan Pendidikan Multikultural antara lain tuntutan administratif dinas dan orang tua, karakter anak yang beragam, keterbatasan SDM, sarana dan prasarana dalam menghadapi ABK, kegiatan eksplorasi dan eksperimentasi. Sedangkan, peluang SDKE Mangunan dalam mengimplementasikan Pendidikan Multikultural adalah model bagi sekolah-sekolah lain, daya tarik bagi orang tua, kesempatan bereksperimentasi dan bereksplorasi secara luas, dan membuat anak senang belajar. Kata Kunci : Pendidikan Multikultural, Ketahanan Nasional, SDKE Mangunan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 04 May 2016 00:18
Last Modified: 30 Jan 2019 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32324

Actions (login required)

View Item View Item