Kemampuan Guru Fisika SMA Negeri di Kabupaten Sleman dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran yang Ditentukan pada Kurikulum 2013 serta Kendala-Kendala yang Dihadapi

Putri, Rizky Febriyani (2016) Kemampuan Guru Fisika SMA Negeri di Kabupaten Sleman dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran yang Ditentukan pada Kurikulum 2013 serta Kendala-Kendala yang Dihadapi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rizky-febriyani-putri-13708251058.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru Fisika SMA Negeri di Kabupaten Sleman dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan model-model yang ditentukan pada Kurikulum 2013, mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi guru Fisika dalam menerapkan model-model pembelajaran yang telah ditentukan pada Kurikulum 2013, serta mengetahui hubungan antara kemampuan guru dalam menerapkan model-model pembelajaran pada Kurikulum 2013 dengan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Fisika di seluruh SMA Negeri di Kabupaten Sleman. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara proportional stratified random sampling. Sampel penelitian yaitu 11 guru Fisika SMA Negeri di Kabupaten Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara tidak berstruktur. Teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase dan kriteria penilaian, dan (2) analisis korelasi Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran masuk kategori baik, (2) kendala yang dihadapi guru yaitu pada perubahan format RPP, alokasi waktu untuk melaksanakan model pembelajaran pada Kurikulum 2013, dan pelaksanaan penilaian kompetensi sikap, (3) kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang ditentukan pada Kurikulum 2013 memiliki korelasi yang cukup kuat dan positif dengan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan guru, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar, Kurikulum 2013
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 May 2016 07:45
Last Modified: 09 May 2019 07:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32322

Actions (login required)

View Item View Item