PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SIKLUS AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 YOGYAKRTA TAHUN AJARAN 2012/2013

KARYA CITA, RATAMA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SIKLUS AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 YOGYAKRTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan selama proses pembelajaran yaitu kurangnya Aktivitas Belajar Siklus Akuntansi siswa di kelas X akuntansi 1. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Siklus Akuntansi melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Quantum Learning. Model Pembelajaran Aktif Tipe Quantum Learning merupakan konsep penataan situasi lingkungan belajar yang optimal, baik secara fisik maupun mental dengan strategi dan proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat dengan cara mengubah bermacam-macam interaksi, hubungan dan inspirasi yang ada di dalam dan di sekitar lingkungan belajar. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Materi yang dipilih yaitu Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Dagang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi I SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Aktif Tipe Quantum Learning dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Siklus Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/1013. Peningkatan Aktivitas Belajar Siklus Akuntansi tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai Aktivitas Belajar Siklus Akuntansi pada siklus I menunjukkan nilai 2.34 dan pada siklus II naik menjadi 3.27 dengan memperoleh peningkatan sebesar 0.93 dan persentase jumlah siswa yang melakukan Aktivitas Belajar Siklus Akuntansi dengan nilai Baik sudah mencapai 91.7%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Quantum Learning, Aktivitas Belajar Siklus Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 03 May 2016 07:16
Last Modified: 30 Jan 2019 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32319

Actions (login required)

View Item View Item