HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT TUNGKAI, KOORDINASI GERAK MATA KAKI TERHADAP TINGKAT AKURASI SHORT PASS PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 1 SLEMAN TAHUN 2016

Hayatullah Hasani, Hayatullah (2016) HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT TUNGKAI, KOORDINASI GERAK MATA KAKI TERHADAP TINGKAT AKURASI SHORT PASS PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 1 SLEMAN TAHUN 2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
HAYATULLAH HASANI - 12601244004.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa masih banyak peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 1 Sleman yang kurang bisa melakukan teknik dasar short pass dengan akurasi yang baik. Akibatnya permainan mudah ditebak sehingga permainannya tidak berjalan dengan efektif. Salah satu faktor yang mempengaruhi keterampilan short pass adalah kekuatan otot tungkai dan koordinasi gerak mata dan kaki. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Metode penelitian ini adalah metode survei dengan teknik tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 1 Sleman. Sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 20 siswa. Instrument dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes kekuatan otot tungkai dengan alat leg dynamometer dengan reliabilitas tes sebesar 0,86, koordinasi gerak mata dan kaki menggunakan Soccer Wall Volley Test dengan reliabilitas tes sebesar 0,82 dan keketepatan short pass menggunakan modifikasi tes short passed Daral Fauzi dengan reliabilitas sebesar 0,88 dan validitas sebesar 0,98. Uji hipotesis dengan menggunakan korelasi product momendan Uji F. Berdasarkan hasil penelitian dijelaskan bahwa ada hubungan antara kekuatan otot tungkai, koordinasi gerak mata kaki terhadap ketepatan short pass peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 1 Sleman ditunjukkan dengan harga R = 0,719 dan Fregresi = 9,071 > F(0,05) (2:17) = 3,39 dengan p = 0,002 < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kekuatan otot tungkai, koordinasi mata, kaki, ketepatan short pass.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 May 2016 03:14
Last Modified: 30 Jan 2019 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32310

Actions (login required)

View Item View Item