LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGA DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA

Rizky Ariadi, Rizky Ariadi (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGA DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK rizki.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB I LAPORAN PPL.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 BAB II LAPORAN PPL.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB III LAPORAN PPL.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 17 mahasiswa, 2 Program Studi Bimbinngan Konseling, 2 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, 2 program studi pendidikan Bahasa dan Sastra, 2 dari IPA, 2 dari IPS, 2 dari PJKR, 1 dari Seni Musik, 2 Seni rupa dan 2 Seni tari. Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus – 12 September 2015, sebanyak 19 pertemuan pada enam kelas IX. Materi pelajaran yang diajarkan adalah ungkapan selamat dan harapan, teks fungsi pendek label, teks fungsi pendek iklan, dan teks prosedur/ Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, Tanya jawab, diskusi dan penyelesaian masalah. Media yang digunakan adalah laptop, LCD proyector, whiteboard, dan media pembelajaran lain. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan-hambatan. Hambatan yang ditemui mahasiswa PPL adalah dijumpainya beberapa kelas yang cukup pasif dan terlalu aktif. Guru memberikan perlakuan yang berbeda terkait dengan manajemen kelas untuk menghadapi situasi seperti ini

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 May 2016 03:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32299

Actions (login required)

View Item View Item