LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA

Pembayun Wresti Woro Ardhani, Pembayun Wresti Woro Ardhani (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
daftar isi & ABSTRAK.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1,2,3 LAPORAN PPL ayun FIX.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 17 mahasiswa; 2 Program Studi Bimbingan dan Konseling; 2 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris; 2 program studi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; 2 program studi pendidikan IPA; 2 program studi pendidikan IPS; 2 program studi PJKR; 1 program studi pendidikan Seni Musik; 2 program studi pendidikan Seni Rupa; dan 2 program studi pendidikan Seni Tari. Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus – 12 September 2015, sebanyak 23 pertemuan di seluruh kelas VII dan 12 pertemuan di seluruh kelas IX, menggantikan guru BK yang tidak dapat hadir. Materi bimbingan yang disampaikan adalah “Siapakah Aku?”, Konsentrasi, Pergaulan Dengan Teman Sebaya, Cita-Cita dan Harapan, “Positive Feedback”, “Mind Mapping”, Penggunaan Media Sosial, dan “Kerjasama”. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, permainan, Tanya jawab, diskusi dan penyelesaian masalah. Media yang digunakan adalah laptop, LCD, proyektor, lembaran kertas, alat tulis. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik. Untuk tahun ajaran 2015/2016, BK mendapat jam masuk kelas selama 1 jam (40 menit). Akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan-hambatan. Hambatan yang ditemui mahasiswa PPL adalah siswa masih belum mengenal apa itu BK dan fungsi sebenarnya dari layanan BK di sekolah sehingga masih banyak siswa yang menganggap BK adalah hal yang menakutkan, jadwal pelajaran khususnya hari Senin yang sering berubah-ubah karena setiap selesai upacara diadakan briefing para guru, yang membuat mahasiswa PPL sedikit kebingungan ketika pergantian jam pelajaran. Selain itu jumlah guru BK di sekolah yang kurang. Terdapat 3 guru BK dengan jumlah total siswa ±986. Dimana seharusnya 1 orang guru BK mengampu 150 siswa, sehingga ketika ada guru BK yang tidak dapat hadir, menggantikan untuk masuk kelas tanpa persiapan materi yang cukup matang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 May 2016 03:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32297

Actions (login required)

View Item View Item