LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA

Muhammad Ardia Rafiq Al Ghozali, Muhammad Ardia Rafiq Al Ghozali (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I LAPORAN.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Fixed.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Fixed.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 17 mahasiswa, 2 Program Studi Bimbinngan Konseling, 2 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, 2 program studi pendidikan Bahasa dan Sastra, 2 dari IPA, 2 dari IPS, 2 dari PJKR, 1 dari Seni Musik, 2 Seni rupa dan 2 Seni tari. Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus – 12 September, sebanyak 28 pertemuan di kelas IX A, B, C dan D. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Bahasa Inggris dengan materi ajar yaitu; ungkapan penghargaan dan harapan serta responnya, ungkapan persetujuan serta responnya, teks label dan teks prosedur. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, tanya jawab, diskusi dan penyelesaian masalah. Media yang digunakan adalah gambar, video, kartu ungkapan, kartu resep dan kartu label. Alat yang digunakan adalah LCD proyektor dan papan tulis. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan-hambatan. Hambatan yang ditemui mahasiswa PPL adalah belum bisa beradaptasi dengan kurikulum yang baru yaitu kurikulum 2013. Pada beberapa sesi mengajar, mahasiswa masih berperan sebagai pusat pembelajaran bukan siswa. Untuk mengatasi hambatan tersebut, mahasiswa lebih seksama memperhatikan penyusunan RPP dan pelaksanaannya di dalam kelas selama proses belajar-mengajar berlangsung.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 May 2016 03:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32293

Actions (login required)

View Item View Item