LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA Jl. Prof. Dr . Kahar Muzakir 2 Yogyakarta, Indonesia

Melyatus Zholihah, Melyatus Zholihah (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA Jl. Prof. Dr . Kahar Muzakir 2 Yogyakarta, Indonesia. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER,HAL PENGESAHAN.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SELESAI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SELESAI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 10 agustus – 12 September 2014 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dan mengembangkan kompetensi sebagai calon guru atau tenaga kependidikan dalam hal pembelajaran di sekolah.PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 16 mahasiswa, 2 Program Studi Pendidikan seni tari, 2 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 2 Program Studi Pendidikan Seni Rupa, 2 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, 2 Program studi Pendidikan dan satra Indonesia, 2 Program Studi Pendidikan IPA, 2 Program Studi IPS, 1 Program Studi Pendidikan Seni Musik, 2 Program Studi Bimbingan dan Konseling. Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus – 12 September 2015, sebanyak 15 pertemuan di kelas VII-A (5), VII-F (5) dan VII-H (5). Mata pelajaran yang diajarkan adalah Elemen dasar tari dan elemen gerak tari, elemen dasar tari meliputi gerak sedangkan elemen gerak tari meliputi : Ruang, waktu dan tenaga. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah saintifik. Media yang digunakan adalah MS Powerpoint, buku paket seni budaya, laptop, dan instrument musik. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan-hambatan. Hambatan yang ditemui mahasiswa PPL adalah fasilitas belajar mengajar, khususnya kelas VII-F. Kabel LCD projector di kelas mengalami kerusakan sehingga pada saat pembelajaran terjadi hambatan pada media dan menyebabkan siswa tidak fokus belajar. Untuk mengatasi hambatan tersebut mahasiswa PPL tetap mencoba menyambungkan media ke LCD projector.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 May 2016 03:31
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32292

Actions (login required)

View Item View Item