LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA Jalan Prof Dr.Kahar Muzakir No. 2, Daerah Istimewa Yogyakarta

Luh Mitha Priyanka, Luh Mitha Priyanka (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA Jalan Prof Dr.Kahar Muzakir No. 2, Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover, Halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi, abstrak.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB 1-3, Daftar pustaka.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu lembaga Perguruan Tinggi Negeri yang mendidik dan menyiapkan tenaga pendidik yang berkualitas dan professional. Salah satu usaha nyata dalam menyiapkan tenaga pendidik yang professional yaitu dengan adanya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah wajib yang diwujudkan dalam bentuk pendidikan dengan cara memberikan pelatihan dan pengalaman mengajar secara langsung di lapangan, khususnya di lembaga pendidikan sehingga mahasiswa calon guru dapat mempunyai bekal dalam mengajar dan terlatih dalam mengidentifikasi permasalahan di lapangan serta belajar bagaimana cara mengatasinya. PPL sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga pendidik yang profesional memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan yang ada di lembaga kependidikan, baik terkait dengan proses pembelajaran, maupun manajerial kelembagaan. Pelaksanaan kegiatan praktik pengalaman lapangan di SMP negeri 8 Yogyakarta dimulai dari pengenalan situasi dan kondisi lembaga beserta warga sekolah. Pengenalan awal mengenai lingkungan sekolah sangat berarti bagi mahasiswa untuk mengetahui bagaimana sistem yang bekerja di sekolah dan permasalahan-permasalahan apa yang sering terjadi. Untuk itulah sebelum diterjunkan ke SMP ini, maka perlu dilakukan observasi terlebih dahulu. Observasi yang dilakukan terdiri dari observasi lembaga dan observasi pembelajaran di kelas. Observasi lembaga bertujuan untuk mengetahui keadaan fisik dan potensi warga di SMP Negeri 8 Yogyakarta, serta komponen-komponen pendukung di dalamnya yang berkaitan dengan pendidikan di sekolah ini. Observasi pembelajaran di kelas bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan pembelajaran berlangsung, dan apa saja aktivitas yang dilakukan guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan pelaksanaan PPL yang dimulai pada 10 Agustus 2015-12 September 2015, mahasiswa telah menerapkan berbagai ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang Pendidikan IPA yang diperoleh di bangku perkuliahan serta mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan dalam hal kependidikan yang berguna dikemudian hari. Mahasiswa dapat menemukan berbagai persoalan dan karakter peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Persoalan dan karakter peserta didik yang heterogen mengharuskan mahasiswa PPL menentukan metode pembelajaran yang tepat sebagai salah satu cara mengatasi persoalan yang ada.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 May 2016 03:18
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32291

Actions (login required)

View Item View Item