PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA

Eviana Sidabalok, Eviana Sidabalok (2015) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 17 mahasiswa, 2 Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 2 Program Studi Ilmu Pendidikan Alam, 2 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, 2 Program Studi Bimbingan dan Konseling, 2 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 2 Program Studi Pendidikan Seni Rupa, 2 Program Studi Pendidikan Seni Tari, dan 1 Program Studi Pendidikan Seni Musik. Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus dan 12 September, sebanyak 14 pertemuan di kelas VII C, VII D, dan VII F. Mata pelajaran yang diajarkan adalah letak astronomis dan letak georafis Indonesia serta pengaruhnya terhadap keadaan Indonesia, bentuk muka bumi dan aktivitas penduduk dan keragaman flora dan fauna di Indonesia.Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah diskusi, NHT, Group Investigation, dan picture and picture. Media yang digunakan adalah MS Powerpoint, artikel, LKS, video, laptop dan whiteboard. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan-hambatan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 May 2016 03:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32289

Actions (login required)

View Item View Item