Ely Fauziyah, Ely Fauziyah (2015) kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 8 Yogyakarta dari tanggal 10 Agustus - 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
scanPDF ely.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I SELESAI.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II SELESAI.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 10 Juli - 12 September 2015 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 17 mahasiswa, 2 Program Studi Bimbingan dan Konseling, 2 Program Studi Pendidikan Seni Tari, 2 Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 2 Bidang Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 2 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, 2 Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 2 Program Studi Pendidikan Seni Rupa, 1 Program Studi Pendidikan Seni Musik. Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 11 Agustus - 10 September, sebanyak 32 peitemuan di kelas VIII, 6 pertemuan di kelas IX, dan 2 pertemuan di kelas VII. Pokok materi atau bimbingan yang diberikan adalah Tugas Perkembangan Remaja, Mencapai Tujuan, Makna Persahabatan, Melatih Konsentrasi, Jangan Menyerah, Kedisiplinan Diri, Meningkatkan Konsentrasi Belajar, Evaluasi Diri, dan Introspeksi Diri. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, Tanya jawab, diskusi, dan game. Media yang digunakan adalah MS Powerpoint, kertas, dan bolpoin.. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatanhambatan. Hambatan yang ditemui mahasiswa PPL adalah fasilitas belajar mengajar, khususnya kelas VIII C. LCD projector di kelas tersebut tidak dapat difungsikan, maka media belajar fokus melibatkan salah satu anak membacakan slide, game dan juga ceramah. Untuk mengatasi hambatan tersebut mahasiswa PPL mewajibkan peserta didik untuk aktif mendengarkan materi yang akan dibahas oleh guru yang bersangkutan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 03 May 2016 03:11 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |