LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI KOTAGEDE 5 YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/2016

Nindania Itkunminannar, Nindania Itkunminannar (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI KOTAGEDE 5 YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12108241090_NINDANIA ITKUNMINANNAR_PGSD.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Strata 1 kependidikan untuk memperoleh gelar Sarjana di Universitas Negeri Yogyakarta. Program PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Program PPL di SD Negeri Kotagede 5 yang beralamat di Jalan Kemasan 68 Yogyakarta dimulai pada tanggal 2 Maret 2015 sampai dengan tanggal 12 September 2015. Selama kegiatan PPL berlangsung, mahasiswa diwajibkan minimal melaksanakan praktik pembelajaran terbimbing sebanyak empat kali dan ujian Praktik Pembelajaran minimal sebanyak dua kali. Adapaun jadwal praktik pembelajaran terbimbing penyusun adalah sebagai berikut: No Hari, Tanggal Kelas Mata Pelajaran Materi 1) Rabu, 12 Agustus 2015 II PKn Tolong Menolong 2) Selasa, 18 Agustus 2015 V IPA Sistem Peredaran Darah Pada Manusia 3) Selasa, 25 Agustus 2015 III Tema : Lingkungan Mapel : IPA, Bahasa Indonesia, dan SBK Penggolongan Hewan 4) Rabu, 2 September 2015 IV Bahasa Indonesia Denah Sedangkan jadwal Ujian praktik pembelajaran yang dilakukan penyusun adalah sebagai beriku: No Hari, Tanggal Kelas Mapel Materi 1) Senin, 7 September 2015 IV IPA Struktur Tumbuhan 2) Selasa, 8 September 2015 II Tema : Hiburan Matematika dan IPA Penyelesaian Penjumlahan Dengan Cara Bersusun Pendek Secara garis besar, pelaksanaan program PPL di SD Negeri Kotagede 5 berjalan dengan lancar tanpa menjalani halangan yang cukup berarti. Manfaat yang dapat diambil dari pelaksanaan program PPL ini antara lain mahasiswa mendapatkan pengalaman dan keterampilan dalam mengajar secara riil di sekolah. Selain itu, mahasiswa juga mengerti cara berpikir dan bekerja secara disiplin baik dalam kegiatan pembelajaran maupun dalam memecahkan permasalahan- permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan. Program Praktik Pengalaman Lapangan telah memberikan pengetahuan, pengalaman, disiplin, dan tanggung jawab sebagai seorang pendidik terhadap pengelolaan proses pendidikan. Program PPL sangat efektif untuk membekali mahasiswa kependidikan untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pendidikan, Pembelajaran, Praktik Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 May 2016 02:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32271

Actions (login required)

View Item View Item