PERENCANAAN USAHA KERUPUK PULI RASA AYAM KAMPUNG

P U J I Y A T I, P U J I Y A T I (2016) PERENCANAAN USAHA KERUPUK PULI RASA AYAM KAMPUNG. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Pujiyanti - 07512134004.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PERENCANAAN USAHA KERUPUK PULI RASA AYAM KAMPUNG Oleh : P U J I Y A T I 07512134004 ABSTRAK Proyek akhir ini bertujuan untuk: (1) Merencanakan usaha kerupuk puli rasa ayam kampung. (2) Mengetahui IFAS dan EFAS dari produk dan usaha kerupuk puli rasa ayam kampung. (3) Mengetahu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT) produk dan usaha kerupuk puli rasa ayam kampung. (4) Menentukan strategi usaha kerupuk puli rasa ayam kampung. (5) Mengimplementasi strategi usaha kerupuk puli rasa ayam kampung. (6) Mengevaluasi implementasi usaha kerupuk puli rasa ayam kampung. Penelitian dilakukan pada bulan Maret-Juni 2010. Tahapan penelitian perencanaan usaha, dimulai dari penetapan tujuan dan sasaran, penentuan spesifikasi usaha, konsep pengelolaan, teknis dan produksi. Membuat analisis SWOT berdasarkan data IFAS dan EFAS, kemudian mengimplementasikan alternative strategi pemasaran dan mengevaluasi alternative strategi pemasaran yang digunakan. Analisis data dimulai dengan membuat table kuisioner jumlah pengunjung, kemudian menghitung skor dan rerata. Analisis harga jual dengan metode mark up 50% dan BEP selama 1 bulan. Hasil penelitian adalah: (1) Perencanaan usaha rumah tangga kerupuk puli rasa ayam kampung berada di JL. Wahid Hasin Gang Ace No.4 C, Nologaten Sleman Yogyakatra, bertujuan memberi inovasi jenis kerupuk kepada masyrakat, dengan masyarakat umum sebagai target pasarannya. Menentukan harga jual, BEP per bulan dan target penjualan. (2) IFAS dan EFAS pada produk usaha kerupuk puli rasa ayam kampung didasarkan pada keunggulan relatif terhadap pesaing utama dan prediksi atau kemampuan perusahaan untuk masa yang akan datang dengan skor IFAS= 3,01 dan EFAS= 3,02, hasil IFAS dan IFAS merupakan hasil dari total pembobotan pada table skoring. (3) Matrik SWOT yang menggambarkan secara jelas yaitu SO, memanfaatkan kekuatan dan peluang pada pemasaran kerupuk puli, ST, untuk mengamati ancaman, WO, memanfaatkan peluang dengan meminimalkan kelemahan, dan WT, untuk meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman. (4) Alternatif strategi pemasaran produk berdasarkan model analisis SWOT yang digunakan menggunakan SO yaitu menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. (5) Implementasi alternative SO dengan cara mempromosikan produkmelalui brosur & lisan, menawarkan produk kesemua kalangan, menitipkan produk kewarung dan toko, menerima pesanan dan mengantarnya. (6) Evaluasi implementasi strategi pemasaran menggunakan strategi SO menunjukkan bahwa pemasaran produk dengan harga jual sebesar Rp. 4.800,-/bungkus (@50gr) dan BEP sebesar 206 kemasan selama sebulan mencapai 390 kemasan dengan total penjualan Rp. 1.872.000,- selama satu bulan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa strategi pemasaran SO yang diterapkan berhasil dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 03 May 2016 02:37
Last Modified: 30 Jan 2019 07:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32270

Actions (login required)

View Item View Item