HUBUNGAN KEBUGARAN JASMANI, KECERDASAN INTELEKTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR PENJAS DENGAN HASIL BELAJAR PENJAS SISWA KELAS X TAHUN AJARAN 2015/2016 JURUSAN AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI KABUPATEN GUNUNG KIDUL DIY

Akhmad Irvan Fauzi, Fauzi (2016) HUBUNGAN KEBUGARAN JASMANI, KECERDASAN INTELEKTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR PENJAS DENGAN HASIL BELAJAR PENJAS SISWA KELAS X TAHUN AJARAN 2015/2016 JURUSAN AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI KABUPATEN GUNUNG KIDUL DIY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ada di SMK Muhammadiyah Wonosari yaitu hasil belajar penjas siswa yang belum mencapai KKM. Tingkat kebugaran jasmani, kecerdasan intelektual dan motivasi belajar penjas siswa terbilang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kebugaran Jasmani, Kecerdasan Intelektual, dan Motivasi Belajar Penjas dengan Hasil Belajar Penjas siswa kelas X Tahun Ajaran 2015/2016 Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah Wonosari Kabupaten Gunung Kidul DIY. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Wonosari yang berjumlah 123 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan sistem Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survei dan instrumen penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari tes TKJI usia 16-19 tahun untuk mengukur kebugaran jasmani, tes IQ untuk mengukur kecerdasan intelektual, angket untuk mengukur motivasi belajar penjas, dan buku raport siswa semester dua untuk mengukur hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis terdiri dari uji regresi liniener berganda dan uji korelasi product momen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara Kebugaran Jasmani, Intelegensi dan Motivasi Belajar penjas terhadap Hasil Belajar Penjas dengan F hitung 40,738 > F tabel (2,711). Nilai koefisien determinan (R Square) variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 90,5% dengan rincian variabel kebugaran jasmani memberikan sumbangan efektif sebesar 42,1% variabel intelegensi memberikan sumbangan efektif sebesar 21,4% variabel motivasi memberikan sumbangan efektif sebesar 27,0% sedangkan sisanya sebanyak 9,5% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kebugaran Jasmani, Kecerdasan Intelektual, Motivasi Belajar Penjas, Hasil Belajar Penjas
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 May 2016 03:11
Last Modified: 30 Jan 2019 07:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32267

Actions (login required)

View Item View Item